Rabu, 22 Juli 2009

Megaluh

Awal Februari 2009 Kecamatan Megaluh Jombang terkenal di seluruh Jawa Timur karena disana ada anak seusia SD Mohamad Ponari menjadi dukun sakti dengan batu ajaibnya. Dimana Megaluh baru aku kenal kemarin ketika bus Puspa Indah Jombang - Tuban membelok ke kiri sebelum jembatan Tembelang karena jembatan sedang dibongkar.
Hamparan sawah yang sangat luas dengan padi yang mulai berbulir terutama di bagian selatan sedang dibagian utara kelihatannya para saja dipanen tinggal menyisakan jerami di swah. Sungguh suatu anugerah yang luar biasa dari Tuhan bagi masyarakat Kecamatan Megaluh ketika di banyak tempat sedang kesulitan air baik untuk makan minum mandi cuci termasuk untuk kebutuhan minum ternak, di Megaluh air melimpah cukup bahkan berlebih untuk mengairi sawah ladang.
Sungai Brantas yang mengalir di sebelah selatan kota Jombang menjadi sumber utama air irigasi bagi sawah-sawah tersebut.
Semoga dengan suburnya tanah sawah dan padi yang berbulir penuh masyarakat di Megaluh menjadi sejahtera cukup sandang dan pangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar